Cara Mengetahui Tingkat Kesuburan Tanah Dengan Mudah

Kesuburan tanah merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pertanian khususnya untuk keberhasilan petani ketika bercocok tanam. Pasalnya, hampir sebagian besar tanaman tentunya membutuhkan unsur hara yang baik dan cukup sehingga tanaman dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik. Hanya tanaman kaktus dan sedikit tanaman lainnya yang masih bisa tumbuh dengan baik dalam kondisi tanah yang tandus dan ekstrim.

Kesuburan tanah bergantung kepada banyak hal, diantaranya adalah kandungan NPK dalam tanah dimana N adalah Nitrogen, P adalah Posfor dan K adalah kalium. Kadar unsur unsur tersebut yang ada pada tanah biasanya dipengaruhi oleh lamanya usia pemakaian tanah tersebut. Tanah yang telah sering dimanfaatkan untuk bercocok tanam, biasanya akan lebih sedikit kadar unsur hara dan kadar NPK-nya dibandingkan tanah yang masih baru dibuka.

Selain dipengaruhi oleh kadar NPK, kesuburan tanah juga dipengaruhi oleh nilai pH dari tanah tersebut, biasannya semakin tinggi tingkat keasaman tanah(nilai pH kecil / rendah) maka akan sulit bagi tanaman untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, sebaliknya jika nilai keasaman tanah tidak terlalu tinggi maka sebagian besar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Bagaimana Cara Mengetahui Tingkat Kesuburan Tanah Dengan Mudah

Saat ini cara untuk mengetahui tingkat kesuburan tanah secara sederhana tidaklah sulit karena sudah ada alat sederhana yang dapat mengukur nilai pH tanah dan kesuburan tanah yaitu alat ukur pH dan kesuburan tanah ETP-303. Alat ini sangat mudah digunakan dan tidak mebutuhkan daya listrik maupun baterai. Kita tinggal menancapkan ujung sensor alat ini kedalam tanah, kemudian kita tinggal menggeser tombol pengukuran untuk menentukan parameter apa yang akan kita ukur, apakah pH tanahnya atau tingkat kesuburannya, setelah itu kita tinggal menunggu beberapa saat untuk mengetahui hasil pengukurannya dengan melihat indikator jarum pada alat ini menunjuk ke angka berapa maka itulah nilai pH atau kesuburan tanahnya.

Selain menggunakan alat, cara nengetahui tingkat kesuburan tanah juga dapat kita lakukan dengan cara yang sangat sederhana. Cara sederhana yang pertama yaitu dengan menanam jagung pada tanah yang akan kita uji kesuburannya. Pertumbuhan jagung itulah yang kita jadikan sebagai indikator untuk mengukur tingkat kesuburan tanah tersebut.

Cara mengetahui tingkat kesuburan tanah berikutnya adalah dengan memmatau rumput, termasuk ilalang, yang tumbuh di atas tanah yang ingin kita ketahui kesuburannya. Apabila rumput pada tanah tersebut tumbuh denga subur, maka berarti tanah itu subur. Dan jika rumput tumbuh subur akan tetapi tanaman yang kita tanam tidak tumbuh dengan baik, maka permasalahan utamanya biasanya karena kekurangan air.

Demikian adalah beberapa cara sederhana untuk mengetahui tingkat kesuburan tanah yang akan kita gunakan untuk bercocok tanam yang bisa saya sampaikan.

0 Response to "Cara Mengetahui Tingkat Kesuburan Tanah Dengan Mudah"

Posting Komentar